Selamat Datang di Website Resmi Desa Samong

SEJARAH DESA

  • Sejarah Desa

Dahulu kala ada suatu tempat untuk bermukim yang terletak di sebelah kiri jalan, disitu ada seorang wanita yang konon membabat alas daratan yang bernama Nyi Among Sari. Kemudian seiring perjalanan waktu akhirnya banyak orang yang datang ketempat itu untuk bertempat tinggal. Dari beberapa orang yang tinggal di tempat itu akhirnya memberikan namanya yaitu Dusun Samong.

Pada Tahun 1955 di Desa Samong sudah dilaksanakan proses pelaksanakan Demokrasi yaitu pemilihan Umum Pertamakali di Indonesia.

Pada Tahun 1960-an Penduduknya mayoritas mata pencaharian Nelayan dan Tani.

Pada Tahun 1980-an Penduduk Desa Samong banyak yang beralih propesi ada yang usaha pembuatan Trasi, ada yang Buruh dan merantau ke Jakarta untuk berdagang.

Pada Tahun 1990-an Penduduk mulai ada yang membuka Konveksi Pakaian jadi di Desanya/ di Kampung yang menyerap tenaga kerja dari dalam Desa, dengan adanya usaha konveksi tersebut banyak menarik perhatian warga masyarakat Samong untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan cara membuka usaha konveksi dengan sistem ada yang maklun dan ada yang mandiri ( dengan modal sendiri ).

Pada Tahun 1997 di Desa Samong banyak warga yang mengalami usahanya bangrut karena terkena dampak krisis moneter sehingga para penduduk banyak bekerja serabutan / Buruh.

Pada Tahun 2000 sampai sekarang sedikit demi sedikit sudah bisa membuka usahanya lagi bahkan Masyarakatnya sudah banyak yang sejahtera baik secara ekonomi, Sosial, dan tingkat Pendidikannya.