Penerimaan Kartu Tani

Penerimaan Kartu Tani

20170108_091139Minggu, 8 Januari 2017 bertempat di Balai Desa Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, ada 3 desa yang dapat mengambil KARTU TANI adalah Desa Samong, Wiyorowetan, dan Tasikrejo pada saat itu dapat pembagian Kartu Tani tahap I, masing-masing Desa tidak sama mendapatkan kartu tersebut, Desa Wiyorowetan 12 orang, Desa Samong 19 orang, dan Desa Tasikrejo 50 orang, untuk pembagiannya dilaksanakan oleh  petugas dari Bank BRI,untuk pembagian selanjutnya akan langsung mendapatkan buku Tabungan yang bisa diambil pada hari senin tanggal 9 Januari 2017 di Bank BRI Unit Rowosari, untuk melengkapi adminitrasi yang belum selesai tahap selanjutnya menunggu informasi selanjutnya dari Pusat,

Proses Penggunaan Kartu Tani

Kartu Tani dapat digunakan untuk mendapatkan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) dan pengumpulan data pertanian. Data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh pemerintah untuk penyelarasan informasi baik bibit, jumlah produksi saat panen serta penyerapan oleh Bulog. Selain itu, perbankan akan memberikan kredit kepada petani yang memiliki Kartu Tani untuk melakukan penanaman bibit dan secara bersamaan mendapatkan data waktu panen dan kebutuhan gudang agar dapat diserap oleh Bulog.

Dengan kartu tani yang terintegrasi secara online dan pergerakannya bisa diketahui secara ‘real time’ maka dengan sistem ini pemerintah akan dapat memantau hasil produksi petani serta distribusi pupuk serta bibit. Dalam Program kartu tani tidak hanya membutuhkan perangkat lunak tapi juga petugas yang bertugas memasukkan data pada perangkat komputer. Data setiap petani akan didata dan kemudian diinput oleh petugas di desa atau kelurahan dan direkapitulasi oleh petugas kecamatan. Oleh karena itu setiap Kartu tani yang akan diberikan ke para petani terdapat “chip” yang berisi data petani seperti identitas pribadi, luas lahan, bibit, pupuk, dan hasil produksi panen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*